TUGAS SURVEY KONSEP E-BISNIS
07.25


LAPORAN HASIL PENELITIAN INDOMARET IMAM BONJOL







Nama Anggota:                                            
1.Muh. Parsta Nur Ikhsan (A12.2012.04673) 
                                            2. Ryzal Phahlevi P (A12.2012.04671)


PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pusat belanja modern yaitu hipermarket dan minimarket terus ekspansif  ditahun 2011. Keduanya menjadi kontributor utama belanja ritel modern yang  akan tumbuh mencapai Rp 134 triliun di tahun ini. Demikian disampaikan Sekjen  Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Rudy Sumampouw  (Prayogi,  2011).  Sedangkan menurut Executive Director Retail Measurement Services  Nielsen, Teguh Yunanto, jumlah gerai minimarket di Indonesia pada 2010 naik  hingga 42% menjadi 16.922 unit dibandingkan 2009 yang sebesar 11.927 unit  (medanbisnisdaily.com (online) diakses tanggal 4 Oktober 2011). Asosiasi Pengusaha Ritel  Indonesia (Aprindo) memproyeksikan pertumbuhan gerai modern tahun ini meningkat 25 persen dari realisasi jumlah  tahun 2009 sebanyak 13.000 gerai. Terkait persaingan ritel  Teguh Yunanto  mengatakan, berdasarkan hasil survei Nielsen, pasar modern baik hypermarket,  minimarket dan pasar tradisional akan bersaing dengan ketat memperebutkan pasar nasional. Diperkirakan pasar nasional tahun ini mencapai Rp 113-115 triliun (bataviase.co.id (online) diakses tanggal 5 Oktober 2011).
   Tujuan Penelitian
  1. Untuk memenuhi tugas akhir semester IV mata kuliah Konsep E-Bisnis.
2.      Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara persepsi terhadap store atmospheredengan kepuasan konsumen ritel Indomaret di Semarang

B.     Manfaat Penelitian
Dengan diadakannya penelitian ini, diharapkan akan mendatangkan dua
manfaat sebagai berikut:
1.  Manfaat teoritis
a)  Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah, dan
memberikan informasi  agar dapat mengembangkan ilmu psikologi,
terutama  psikologi  industri dan organisasi, yang berkaitan dengan
perilaku konsumen.
b)  Hasil penelitian ini bisa bermanfaat untuk dijadikan bahan perbandingan
bagi penelitian-penelitian selanjutnya, terutama yang berhubungan
dengan perilaku konsumen dan dalam bidang retailing.
2.  Manfaat praktis
a)  Manfaat bagi pengusaha ritel
Sebagai masukan untuk mengambil kebijakan-kebijakan yang
didasarkan pada kepuasan konsumen dan kaitannya dengan store
atmosphere. 
Manfaat bagi konsumen ritel
Mengetahui pengaruh penerapan store atmosphere tertentu terhadap
kepuasan konsumen terutama pada konsumen Indomaret. 







METODE PENELITIAN

A.    Lokasi Penelitian
Peneliti mengambil lokasi penelitian di  Imam Bonjol, yaitu bisnis ritel. Dengan pertimbangan usaha minimarket mempunyai banyak pelanggan dan usahanya penuh inovasi dengan mengembangkan strategi penjualan.

B.     Metode pengumpulan Data
Metode  yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yaitu :
1.Pengamatan
Pengamatan dilakukan oleh peneliti saat proses penjualan berlangsung, selain itu peneliti juga bertindak  sebagai pembeli untuk mengamati stategi-stategi penjualan saat mengkadapi pelanggan.
2. Wawancara
Wawancara dilakukan dengan mewawancarai bapak hardiman selaku pemilik usaha, untuk menegtahui secara langsung berupa latar belakang usaha, motivasi dan visi misi dari usaha yang telah ditekuni. Wawancara juga dilakukan dengan pembeli, untuk mengetahui kepuasan konsumen





C.    Analisis Data
Analisis data dilakukan dengan menggunakan diagram alur, dimana langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain:
1. Proses analisis data
Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari sumber penelitian (dan para pelanggan). Kemudian membuat rangkuman hasil penelitian.
2. Penyajian data
Peneliti menyusun data yang relevan dari data-data yang telah dianalisis, sehingga menjadi informasi yang dapat disimpulkan.
3. Verifikasi data
Penarikan kesimpulan dilakukan setelah data disajikan dari data-data hasil wawancara yang relevan dan yang telah dianalisis.










LAPORAN PENELITIAN
Struktur Organisasi Perusahaan


Struktur Organisasi Indomaret


  1. Kepala Toko
  •          Fungsi
Mengatur seluruh kegiatan yang berhubungan dengan operasional toko dari mulai barang dagangan, karyawan, system computer, keamanan toko, hubungan dengan masyarakat toko.
  •       Tugas dan Kewajiban
Membuat rencana kerja sehubungan dengan target penjualan harian, mingguan, dan bulanan yang diberikan oleh atasan langsung.Melakukan evaluasi terhadap target penjualan, melakukan survei harga produk pesaing dan menganalisa serta menindak lanjuti, mengontrol seluruh area toko dari area depan sampai belakang, merawat dan menjaga seluruh aset toko, menjaga kebersihan dan kerapihan area toko.


  •          Wewenang
Memberikan nasihat, petunjuk, dan bimbingan kepada pramuniaga selaku bawahannya, memberikan tindakan, sanksi kepada bawahan, menilai bawahan dan mengusulkan mutasi atau promosi, mengusulkan ide-ide yang berhubungan dengan usaha meningkatkan omset toko, serta meminta nasihat, bimbingan dan petunjuk kepada atasan, maupun meminta fasilias yang dapat memperlancar pekerjaan.

  •          Tanggung Jawab
Bertanggung jawab terhadap penjualan toko, bertanggungjawab terhadap penurunan cost dan loss, bertanggung jawab terhadap promosi toko, bertanggungjawab terhadap SDM, dan bertanggungjawab terhadap operasional dan performance toko.
 2.Asisten Kepala Toko
Tugas dan tanggung jawab asisten kepala toko adalah membangun tim kerja yang solid bersama dengan kepala toko untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Asisten inilah yang biasanya mengerjakan administrasi dan membuat laporan, sedangkan kepala toko menganalisis laporan tersebut dan memberikan solusi jika ada masalah. Karena jumlah kasir terbatas, adakalanya asisten kepala toko harus melakukan tugas tersebut. Hal ini terjadi bila kasir libur atau berhalangan hadir dan bila antrian mencapai lebih dari empat konsumen.
3. Merchandiser
Menjaga dan meningkatkan kinerja toko dengan menjaga ketersediaan produk secara tepat sesuai perkembangan kebutuhan pasar, menjaga kebersihan produk dan pajangan, membuat laporan hasil pekerjaan yang ditentukan oleh perusahaan, memajang/ mendisplay, merapihkan, dan menata produk sesuai standar display dari perusahaan, serta menggantikan tugas kasir apabila ada yang berhalangan hadir atau keluar maupun sedang beristirahat.



4. Pramuniaga
Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen, melakukan penataan produk, melakukan pelabelan pada setiap produk, mampu memperhatikan setiap gerak-gerik dari konsumen, memperhatikan tanggal kadaluarsa dari setiap produk, menjaga kebersihan dan kerapian toko agar konsumen merasa nyaman pada saat berbelanja, serta mampu mengatasi setiap keluhan dari konsumen. Selain melakukan semua tugas-tugasnya, seorang pramuniaga juga harus memperhatikan setiap penampilannya.
5. Kasir
Tugas dan tanggung jawab kasir adalah melakukan transaksi penjualan, menjaga kebersihan area kasir, serta bertanggung jawab atas jumlah pendapatan dengan barang yang terjual.
Aspek Perusahaan
Kegiatan yang dilakukan oleh Indomaret adalah penjualan retail yang meliputi kegiatan promosi dan pemasaran. Sasaran pasar indomaret ialah konsumen semua kalangan masyarakat. Lokasi gerai yang strategis dimaksudkan untuk memudahkan Indomaret melayani sasaran demografisnya yaitu keluarga. Strategi pemasaran Indomaret diintegrasikan dengan kegiatan promosi. Secara berkala Indomaret menjalankan program promosi dengan berbagai cara, seperti memberikan harga khusus, undian berhadiah maupun hadiah langsung.
 Latar Belakang Berwirausaha
  1. Desakan ekonomi, penghasilan sebagai petani dan istri sebagai buruh pabrik tekstil, dirasa kurang cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  2. Keinginan untuk dapat memanfaatkan keahlian yang dimiliki saat bekerja dengan penjual bakso.
  3. Ingin mempunyai usaha sampingan untuk mengisi waktu saat menunggu masa panen.



PENUTUP

A.    Kesimpulan
  1.  
    1. Dengan ketekunan, semangat, dan kreatifitas dapat menciptaka suatu usaha yang menjanjikan dan memiliki hasil yang memuaskan.
    2. Untuk menciptakan suatu peluang usaha harus kreatif dan inovatif mengembangkan yang biasa menjadi unik dan membuat orang tertarik sehingga dapat dijual.
    3. Dari kerja keras mencoba-coba hal baru dan dari usaha kecil dapat menciptakan usaha yang menjanjikan.









link downloads file DOC klik di sini

0 komentar:

Posting Komentar