LAPORAN HASIL PENELITIAN INDOMARET IMAM BONJOL
Nama Anggota:
1.Muh. Parsta Nur Ikhsan
(A12.2012.04673)
2. Ryzal Phahlevi P (A12.2012.04671)
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pusat belanja modern yaitu hipermarket dan minimarket
terus ekspansif ditahun 2011. Keduanya
menjadi kontributor utama belanja ritel modern yang akan tumbuh mencapai Rp 134 triliun di tahun
ini. Demikian disampaikan Sekjen
Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Rudy Sumampouw (Prayogi,
2011). Sedangkan menurut
Executive Director Retail Measurement Services
Nielsen, Teguh Yunanto, jumlah gerai minimarket di Indonesia pada 2010
naik hingga 42% menjadi 16.922 unit
dibandingkan 2009 yang sebesar 11.927 unit
(medanbisnisdaily.com (online) diakses tanggal 4 Oktober 2011). Asosiasi
Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo)
memproyeksikan pertumbuhan gerai modern tahun ini meningkat 25 persen dari
realisasi jumlah tahun 2009 sebanyak 13.000
gerai. Terkait persaingan ritel Teguh
Yunanto mengatakan, berdasarkan hasil
survei Nielsen, pasar modern baik hypermarket,
minimarket dan pasar tradisional akan bersaing dengan ketat
memperebutkan pasar nasional. Diperkirakan pasar nasional tahun ini mencapai Rp
113-115 triliun (bataviase.co.id (online) diakses tanggal 5 Oktober 2011).
Tujuan
Penelitian
- Untuk memenuhi tugas akhir semester IV mata kuliah Konsep E-Bisnis.
2.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya
hubungan antara persepsi terhadap store atmospheredengan kepuasan konsumen
ritel Indomaret di Semarang
B. Manfaat
Penelitian
Dengan diadakannya penelitian ini, diharapkan akan
mendatangkan dua
manfaat sebagai berikut:
1. Manfaat
teoritis
a) Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khasanah, dan
memberikan informasi
agar dapat mengembangkan ilmu psikologi,
terutama
psikologi industri dan
organisasi, yang berkaitan dengan
perilaku konsumen.
b) Hasil
penelitian ini bisa bermanfaat untuk dijadikan bahan perbandingan
bagi penelitian-penelitian selanjutnya, terutama yang
berhubungan
dengan perilaku konsumen dan dalam bidang retailing.
2. Manfaat
praktis
a) Manfaat bagi
pengusaha ritel
Sebagai masukan untuk mengambil kebijakan-kebijakan
yang
didasarkan pada kepuasan konsumen dan kaitannya dengan
store
atmosphere.
Manfaat bagi konsumen ritel
Mengetahui pengaruh penerapan store atmosphere
tertentu terhadap
kepuasan konsumen terutama pada konsumen
Indomaret.
METODE PENELITIAN
A. Lokasi
Penelitian
Peneliti mengambil lokasi penelitian di Imam Bonjol, yaitu bisnis ritel. Dengan
pertimbangan usaha minimarket mempunyai banyak pelanggan dan usahanya penuh
inovasi dengan mengembangkan strategi penjualan.
B. Metode
pengumpulan Data
Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data
penelitian yaitu :
1.Pengamatan
Pengamatan dilakukan oleh peneliti saat proses
penjualan berlangsung, selain itu peneliti juga bertindak sebagai pembeli
untuk mengamati stategi-stategi penjualan saat mengkadapi pelanggan.
2. Wawancara
Wawancara dilakukan dengan mewawancarai bapak hardiman
selaku pemilik usaha, untuk menegtahui secara langsung berupa latar belakang
usaha, motivasi dan visi misi dari usaha yang telah ditekuni. Wawancara juga
dilakukan dengan pembeli, untuk mengetahui kepuasan konsumen
C. Analisis Data
Analisis data dilakukan dengan menggunakan diagram
alur, dimana langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain:
1. Proses analisis data
Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh
data yang tersedia dari sumber penelitian (dan para pelanggan). Kemudian
membuat rangkuman hasil penelitian.
2. Penyajian data
Peneliti menyusun data yang relevan dari data-data
yang telah dianalisis, sehingga menjadi informasi yang dapat disimpulkan.
3. Verifikasi data
Penarikan kesimpulan dilakukan setelah data disajikan
dari data-data hasil wawancara yang relevan dan yang telah dianalisis.
LAPORAN PENELITIAN
Struktur Organisasi Perusahaan
Struktur Organisasi Indomaret
- Kepala Toko
- Fungsi
- Tugas dan Kewajiban
Membuat
rencana kerja sehubungan dengan target penjualan harian, mingguan, dan bulanan
yang diberikan oleh atasan langsung.Melakukan evaluasi terhadap target
penjualan, melakukan survei harga produk pesaing dan menganalisa serta menindak
lanjuti, mengontrol seluruh area toko dari area depan sampai belakang, merawat
dan menjaga seluruh aset toko, menjaga kebersihan dan kerapihan area toko.
- Wewenang
Memberikan
nasihat, petunjuk, dan bimbingan kepada pramuniaga selaku bawahannya,
memberikan tindakan, sanksi kepada bawahan, menilai bawahan dan mengusulkan
mutasi atau promosi, mengusulkan ide-ide yang berhubungan dengan usaha
meningkatkan omset toko, serta meminta nasihat, bimbingan dan petunjuk kepada
atasan, maupun meminta fasilias yang dapat memperlancar pekerjaan.
- Tanggung Jawab
Bertanggung
jawab terhadap penjualan toko, bertanggungjawab terhadap penurunan cost dan
loss, bertanggung jawab terhadap promosi toko, bertanggungjawab terhadap SDM,
dan bertanggungjawab terhadap operasional dan performance toko.
2.Asisten
Kepala Toko
Tugas dan
tanggung jawab asisten kepala toko adalah membangun tim kerja yang solid
bersama dengan kepala toko untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Asisten
inilah yang biasanya mengerjakan administrasi dan membuat laporan, sedangkan
kepala toko menganalisis laporan tersebut dan memberikan solusi jika ada
masalah. Karena jumlah kasir terbatas, adakalanya asisten kepala toko harus
melakukan tugas tersebut. Hal ini terjadi bila kasir libur atau berhalangan
hadir dan bila antrian mencapai lebih dari empat konsumen.
3.
Merchandiser
Menjaga
dan meningkatkan kinerja toko dengan menjaga ketersediaan produk secara tepat
sesuai perkembangan kebutuhan pasar, menjaga kebersihan produk dan pajangan,
membuat laporan hasil pekerjaan yang ditentukan oleh perusahaan, memajang/
mendisplay, merapihkan, dan menata produk sesuai standar display dari
perusahaan, serta menggantikan tugas kasir apabila ada yang berhalangan hadir
atau keluar maupun sedang beristirahat.
4.
Pramuniaga
Tugas dan
tanggung jawab seorang pramuniaga adalah memberikan pelayanan yang memuaskan
konsumen, melakukan penataan produk, melakukan pelabelan pada setiap produk,
mampu memperhatikan setiap gerak-gerik dari konsumen, memperhatikan tanggal
kadaluarsa dari setiap produk, menjaga kebersihan dan kerapian toko agar
konsumen merasa nyaman pada saat berbelanja, serta mampu mengatasi setiap
keluhan dari konsumen. Selain melakukan semua tugas-tugasnya, seorang
pramuniaga juga harus memperhatikan setiap penampilannya.
5. Kasir
Tugas dan
tanggung jawab kasir adalah melakukan transaksi penjualan, menjaga kebersihan
area kasir, serta bertanggung jawab atas jumlah pendapatan dengan barang yang
terjual.
Aspek
Perusahaan
Kegiatan
yang dilakukan oleh Indomaret adalah penjualan retail yang meliputi kegiatan
promosi dan pemasaran. Sasaran pasar indomaret ialah konsumen semua kalangan
masyarakat. Lokasi gerai yang strategis dimaksudkan untuk memudahkan Indomaret
melayani sasaran demografisnya yaitu keluarga. Strategi pemasaran Indomaret
diintegrasikan dengan kegiatan promosi. Secara berkala Indomaret menjalankan
program promosi dengan berbagai cara, seperti memberikan harga khusus, undian
berhadiah maupun hadiah langsung.
Latar Belakang Berwirausaha
- Desakan ekonomi, penghasilan sebagai petani dan istri sebagai buruh pabrik tekstil, dirasa kurang cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari.
- Keinginan untuk dapat memanfaatkan keahlian yang dimiliki saat bekerja dengan penjual bakso.
- Ingin mempunyai usaha sampingan untuk mengisi waktu saat menunggu masa panen.
PENUTUP
A. Kesimpulan
- Dengan ketekunan, semangat, dan kreatifitas dapat menciptaka suatu usaha yang menjanjikan dan memiliki hasil yang memuaskan.
- Untuk menciptakan suatu peluang usaha harus kreatif dan inovatif mengembangkan yang biasa menjadi unik dan membuat orang tertarik sehingga dapat dijual.
- Dari kerja keras mencoba-coba hal baru dan dari usaha kecil dapat menciptakan usaha yang menjanjikan.
link downloads file DOC klik di sini
0 komentar:
Posting Komentar